Senin, 18 November 2013

LIMA PRINSIP GERAKAN MUHAMMADIYAH

LIMA PRINSIP GERAKAN MUHAMMADIYAH

1.      Muhammadiyah adalah gerakan Islam
Muhammadiyah sebagai gerakan Islam, sesuai dengan tujuan Muhammadiyah yakni: “menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam”. Menggerakkan Muhammadiyah sesuai dengan tujuan yang akan di capai adalah dengan kekuatan lahir dan batin sesuai dengan ajaran Islam.
 
2.      Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah
Muhammadiyah sejak awal perjuangannya, dimulai dengan menggerakkan dakwah Islam menyampaikan ajaran agama Islam kepada masyarakat dengan cara amar makruf nahi munkar.
 
3.      Muhammadiyah sebagai gerakan tajdid
Tajdid yang dimaksud dalam gerakan Muhammadiyah adalah pemberbaharui cara berfikir sesuai dengan perkembangan dan pembaharuan zaman. Bukan pembaharuan ajaran Islam akan tetapi cara berpikir umat Islam.
 
4.      Muhammadiyah sebagai gerakan social
Bahwa setiap aktivis Muhammadiyah dilakukan dalam rangka kehidupan bersama-sama sehingga selalu memperhatikan masalah yang muncul dalam kehidupan masyarakat.
 
5.      Muhammadiyah sebagai gerakan ilmu.
Sebagai gerakan ilmu, setiap aktivitas Muhammadiyah harus merupakan pengembangan ilmu pengetahuan oleh karena itu setiap aktivis Muhammadiyah harus memperhatikan berbagai teori pengetahuan mutakhir dan berusaha menguasai mendalam dan mengembangkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar